«

»

Jan 11

Media Tanam Jamur Tiram

Media tanam jamur tiram

Jamur TiramMedia tanam jamur tiram sangat menentukan keberhasilan pertumbuhan bibit jamur menjadi jamur yang berkualitas baik, sebetulnya banyak bahan atau media yang dapat digunakan untuk tumbuh kembang jamur diantaranya serbuk gergaji, sekam padi, jerami, alang-alang, klobot jagung dan lain-lain. Namun diantara media-media tersebut media tumbuh yang paling baik adalah serbuk gergaji, karena serbuk gergaji mengandung lignoselulosa, lignin dan serat yang lebih tinggi diantara bahan-bahan atau media tersebut.

Serbuk gergaji sebagai bahan atau media utama yang digunakan untuk mengembangan budidaya jamur tiram dapat diperoleh dari limbah pabrik penggergajian kayu, biasanya limbah ini tidak begitu dimanfaatkan dengan baik, tidak sedikit pabrik penggergajian kayu  kesulitan memanfaatkannya sehingga serbuk-serbuk gergaji itu malah dibakar. banyak jenis kayu yang dapat dimanfaatkan sebagia media tumbuh jamur diantaranya serbuk gergaji yang berasal dari kayu waru, sengon, kemiri, besemah, randu, duren, ringin, dadap dll, namun ada jenis kayu yang tidak dapat digunakan sebagai media tumbuh jamur seperti kayu pinus, sebab pinus mengandung minyak yang justru mengganggu perkembangan jamur.

Serbuk gergaji sebelum digunakan harus diayak terlebih dahulu agar halus dan memisahkan serbuk dari serpihan kulit, kerikil atau gumpalan tanah agar nantinya tidak merusak plastik. Serbuk gergaji yang baik adalah sebuk gergaji yang memenuhi beberapa syarat diantaranya adalah:

  1. Serbuk gergaji tidak mengandung minyak dan bahan kimia lain
  2. Serbuk gergaji harus Kering, tidak bergetah dan tidak busuk
  3. Sebuk gergaji berasal dari kayu keras
  4. Serbuk gergaji tidak mengandung atau ditumbuhi jamur lain
  5. Serbuk gergaji sebisa mungkin baru

Media tanam jamur tiram selain media utama berupa serbuk gergaji ada pula bahan-bahan lain yang perlu ditambahkan agar perkembangan bibit jamur menjadi optimal. Bahan-bahan yang perlu ditambahkan yaitu:

  1. Bekatul, bahan ini kaya akan karbohidrat, karbon, nitrogen dan vitamin yang bisa mempercepat pertumbuhan misselium jamur tiram.
  2. Kapur (CaCo3), bahan ini berfungsi untuk mengontrol atau mengatur tingkat keasaman (pH), kapur dapat berfungsi pula sebagai sumber mineral.
  3. Gips (CaSO4), bahan ini befungsi untuk mengokohkan struktur bahan media jamur tiram sehingga tidak mudah rusak.

Demikian artikel tentang media tanam jamur tiram semoga dapat menambah wawasam kita. pelajari juga cara membuat kumbung jamur

Permanent link to this article: http://www.solojamur.com/2015/01/11/media-tanam-jamur-tiram/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>